Setelah sekian lama berbicara tentang jaringan komputer, kali ini saya coba rehat dahulu dari jaringan komputer dan beralih ke E-Commerce. Buat teman – teman yang ingin lebih tahu tentang E-Commerce khususnya teman – teman kampus saya, langsung ajah tengok ke TKP.
Pengertian E-Commerce dapat dijabarkan sebagai Proses membeli, menjual, transfer atau pertukaran barang jasa dan atau informasi melalui internet (Turban,2004). Adapula E-Commerce dijelaskan sebagai “Suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronis yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu dengan menggunakan internet sebagai medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (B-to-B) maupun antar institusi dan konsumen langsung (B-to-C)”.(Hartman, 2000). Adapun karakteristik dan struktur klasifikasi dari E-Commerce sebagai berikut ;
Karakteristik yang dimiliki E-Commerce
- Terjadinya transaksi antara dua belah pihak.
- Adanya pertukaran barang, jasa, atau informasi, dan
- Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
Struktur dan Klasifikasi E-Commerce
- B2B dan B2C
- Business-to-Business-to-Consumer (B2B2C): model EC dimana suatu perusahaan menjadi perantara (broker) antara perusahaan lain dengan konsumennya
- Consumer-to-Business (C2B): model EC dimana individu menggunakan portal Internet untuk menjual produk atau jasa kepada suatu perusahaan, atau untuk mencari penjual atas produk atau jasa yang diperlukannya
- Consumer-to-Consumer (C2C): model EC dimana konsumen menjual (bertransaksi) langsung kepada konsumen lain
4 comments: on "E-Commerce : Definisi dan Karakteristik"
absen... makasih udah berkunjung ke blogku. terimakasih juga ilmunya..
wah thanks atas ibnfonya mas!! and makasih udah berkunjung ke blog aku!!
triz : sama - sama triz, keep blogging yah
fikri : iya, sekalian akrabin diri sama sahabat - sahabat blogger lainnya
kawand2 pinter2 yaaa..
makasih infonya..!!!
SALAM BERKAWAND
:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s:
Post a Comment